Posting Kedelapan Belas [Life Begins at 30]

Seringkali mendengar atau membaca tagline, Life begins at 30. Kenapa harus pada umur 30? Kenapa ngga 20? Mungkin ada benarnya juga tagline tersebut karena ada beberapa hal yang mulai berbeda dan bisa saya rasakan pada perjalanan menuju ke 30 ini :

1. Banyak perubahan point of view, bisa melihat dari banyak sudut dan mulai mencari tahu sebanyak-banyaknya terhadap sesuatu yang ingin diketahui. Tapi bisa cuek terhadap hal yang tidak ingin diketahui.

2. Ada beberapa perubahan karir, mulai memahami bahwa tidak melulu tentang passion tapi juga perlu perencanaan dan juga kematangan dalam berpikir dan tanggung jawab terhadap apa yang sedang dilakukan. Dan biasanya sudah mulai settle dan menikmati apa yang sedang dikerjakan.

3. Eager to start (and have) my own family (ada beberapa mungkin yang tidak) tapi kalo saya pribadi, iya. Ada keinginan untuk punya keluarga untuk meninggalkan legacy kita dan mengajarkan sesuatu yang bermanfaat bagi keturunan nantinya, bukan hanya sekadar menambah populasi si.

4. Ada beberapa perubahan terhadap prioritas hidup, mungkin ada yang sudah menemukan potongannya pada mid 20-ish tapi pada akhir 20-ish sudah bisa membuat list prioritas bagi diri sendiri. Refer ke point no. 1

5. Mencari jawaban apa arti kehidupan –walaupun jawabannya kita ketahui adalah 42– :p

6. Get busy living. *teringat quote dari film The Shawsank Redemption

Have a great life, Bung!

Posting Ketujuh belas [Tahun 2013]

Tahun 2013 ini tahun yang menyedihkan dan somehow menyenangkan bagi saya, ada bermacam-macam kisah yang bisa saya share di sini, mulai dari kisah percintaan sampai kisah ngga penting.

Awal tahun saya mengalami patah hati karena harus berpisah dengan orang yang sudah tumbuh bersama saya selama lima tahun terakhir dan yang saya pikir she’s the one. Berjuang dengan patah hati ini akhirnya banyak “lari” ke kerjaan agar pikiran saya dapat terdistraksi, selain itu juga re-connect dengan hal yang lain, karena memang saya baru kehilangan center of my world. Beruntung teman-teman yang baik selalu membantu dan mendukung saya.

Bicara tentang teman, pada tahun ini juga saya berhasil menyelesaikan beberapa salah paham dengan teman baik saya. Dan hal ini juga merupakan salah satu momen yang melegakan dan bikin saya bahagia, tapi juga bercampur heran dan bertanya-tanya “Seriously dude?” 

Selain itu tahun ini juga mulai ikut event lari, mulai dari run for a reason, run for your life dan lain sebagainya, tapi bagi saya sendiri lari ini merupakan salah satu pelarian juga, yang pada akhirnya malah bikin jadi ketagihan, karena dari lari saya belajar banyak, belajar bagaimana memaksa diri sampai limit yang saya punya, belajar “mendengarkan” tubuh saya, belajar untuk menyelesaikan apa yang saya mulai. Akhirnya keinginan saya untuk bisa ikut dan menyelesaikan 10K pada tahun sebelumnya pun terpenuhi, dan itu salah satu hal yang membahagiakan buat saya.

Selain itu pada tahun 2013 ini adalah pertama kalinya pergi ke luar negeri. Malaysia adalah negara yang jadi tujuan saya. Alasannya adalah karena ingin bertemu dengan partner in crime saya yang pindah kerja ke Malaysia. Mengujungi tempat wajib wisata di Kuala Lumpur, ngobrol ngalor ngidul nongkrong bareng dan menikmati semua momen, careless.

Pada penghujung tahun saya juga melakukan trip yang masuk dalam satu wishlist saya, yaitu ke Bromo. Tapi Bromo ternyata hanya bonus, karena kita menjelajah objek wisata mainstream di Jawa Timur yang semuanya breathtaking, Kawah Ijen dan Madakaripura.

Jadi, tahun 2013 saya in a nutshell bisa dianalogikan dengan lari 10K, start awal yang sangat buruk,  pace yang lambat dan ngos-ngosan, tapi pada kilometer selanjutnya semakin membaik dan akhirnya finish dengan bahagia.

Tahun 2013 saya juga penuh warna, ada yang bikin sedih tapi juga ngga sedikit yang bikin bahagia, belajar (banyak banget) tentang cara me-manage ekspetasi, banyak keinginan yang bisa terwujud walaupun ada beberapa yang tidak, oh well..When life gives you lemons, make lemonade

Selamat tahun baru 2014!

ps : Film ini membantu saya -banget- untuk move on. Definitely best movie of 2013 for me.

Posting Keenam belas [Sendmail pada AIX]

Ada kasus pada salah satu klien. Sendmail di mesin AIX 6.1 harus di-relay ke smtp server Microsoft Exchange untuk email notifikasi. AIX 6.1 sudah menyediakan sendmail yang sudah di-compile yaitu sendmail non TLS dan sendmail_ssl yang mendukung metode komunikasi TLS.

Klien mewajibkan metode komunikasi untuk relay menggunakan TLS, maka sendmail_ssl harus menjadi default pada saat mengeksekusi perintah mail. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan:

1. Cek sendmail pada mesin AIX dengan command

lssrc -s sendmail

2. Jalankan perintah /usr/sbin/sendmail_ssl -d0.10
Hasilnya seharusnya


Version AIX6.1/8.13.4
Compiled with: DNSMAP LDAPMAP LOG MAP_REGEX MATCHGECOS MILTER MIME7TO8 MIME8TO7 NAMED_BIND NDBM NETINET NETUNIX NEWDB NIS NISPLUS PIPELINING SCANF STARTTLS USERDB USE_LDAP_INIT XDEBUG <----- starttls
OS Defines: BSD4_4_SOCKADDR HASFCHOWN HASFCHMOD HASINITGROUPS
HASLSTAT HASNICE HASRANDOM HASRRESVPORT HASSETREUID HASSETSID <--- hasrandom

3. Tambahkan enviroment untuk SENDMAIL di /etc/profile/

SENDMAIL=/usr/sbin/sendmail_ssl export SENDMAIL

4. Agar library yang digunakan oleh mail menggunakan library sendmail_ssl, jalankan perintah

ln -sf /usr/sbin/sendmail_ssl /usr/lib/sendmail

perintah tersebut adalah soft link binary sendmail_ssl ke library sendmail

5. Apabila sendmail sudah aktif, restart service sendmail

stopsrc -s sendmail
startsrc -s sendmail -a "-bd -q30"

6. Cek proses sendmail yang jalan dengan menggunakan command ps

ps -e | grep sendmail

apabila muncul sendmail_ssl, maka dipastikan bahwa sendmail yang aktif sekarang adalah sendmail_ssl

7. Kirim email testing ke mail server exchange dengan command

echo test | mail -v xxx@mailserver.co.id

dan yang perlu diperhatikan adalah

250-ENHANCEDSTATUSCODES
250-PIPELINING
250-8BITMIME
250-SIZE 20000000
250-DSN
250-ETRN
250-AUTH CRAM-MD5
250-STARTTLS <----- mail server menggunakan TLS
250-DELIVERBY
250 HELP
>>> STARTTLS <------ AIX akan menjalankan perintah STARTTLS sebelum memulai transmisi
220 2.0.0 Ready to start TLS <---- mail server menerima perintah STARTTLS dari AIX
>>> EHLO aix@mailserver.co.id

Referensi saya ambil dari sini

Posting Kelima belas [wireless di Ibex dengan wicd]

Baru satu minggu ini memakai Ubuntu Intrepid Ibex, saya install di laptop Compaq Presario seri v3800. *ya ya ya masih dual boot dengan OS yang terkenal itu (M$)*

Hal yang pertama membuat saya jatuh cinta, driver yang dibutuhkan, kedetect semua oleh Ubuntu II *yay*. Kedua, memori 4Gb saya bisa ke-detect semua (dengan menggunakan kernel server tentunya). Dan yang terakhir, Compiz Fusion-nya itu membuat saya makin cinta😀.

Tapi ada satu yang membuat saya kurang sreg, masalah pada wireless di II saya, yaitu pada saat saya matikan dari saklar (tombol) laptop saya, dan saya hidupkan kembali, wireless-nya tidak mau hidup secara otomatis, saya harus restart Network Manager dari terminal, dengan command.

sudo /etc/init.d/NetworkManger restart

baru wireless dapat menyala dan kembali men-detect Access Point yang ada.

Lalu akhirnya saya mencoba mencari hal ini di google, dan akhirnya saya menemukan artikel disini. Saya langsung mencoba keterminal dan mengetik

sudo apt-get install wicd

tapi proses ini menghilangkan NetworkManager pada Ubuntu II, jadi saya harus melakukan konfigurasi kembali pada wireless saya pada wicd. Dan yang paling penting adalah, masalah saklar (tombol) wireless yang saya sebut diatas, dapat teratasi😀.

UNDANGAN TERBUKA MUKTAMAR BLOGGER 2008

Akhirnya, tibalah saat yang ditunggu-tunggu *emange ono sik nunggu? :))*. Ya, Muktamar Blogger ke-II sebentar lagi akan dihelat. Siapa saja boleh datang. Sopo wae. Blogger atau bukan, seleblog atau bukan, punya duit apa nggak, laki atau perempuan, tua atau muda. Terbuka untuk umum.

Acara: Muktamar Blogger ke-II
Tema: Blogging for Wit-witan
Tempat: Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta
Waktu: Jumat, 21 November 2008 [pukul. 21.00-subuh]

Acara:

1. Makan-makan, ngopi-ngopi, leyeh-leyeh
2. Syukuran pernikahan blogger terakbar *hallah* 2008 antara Ipul Bangsari versus Mita Armayani
3. Syukuran menyambut kelahiran Dinasti ke-II BHI (Lintang el-Rifai, putra Presiden BHI, Juragan Bahtiar, yang lahir hari Minggu, 16-11-2008)
4. Penutupan secara resmi dan kaffah program sosial GERAKAN SERIBU BUKU
5. Penyerahan buku langsung kepada komunitas, sekolah dan perpustakaan yang terpilih secara, bukan penyerahan simbolis, tapi penyerahan tenanan.
6. Laporan resmi dan kaffah dari program sosial Wedhus for Bangsari yang sudah berlangsung selama setahun
7. Bagi-bagi hadiah kecil-kecilan (apa hadiahnya? Rahasia…)
8. Makan-makan, ngopi-ngopi….
9. Makan-makan (lagi), ngopi-ngopi (lagi)…

FAQ Muktamar Blogger ke-II

Kenapa Muktamar masih diselenggarakan?
Selama ada yang berbayar, akan selalu ada yang gratis. Selama ada pesta, akan ada muktamar.

Apakah harus registrasi?
Registrasi apaan sih?

Owh, jadi gratis gitu?
Ya iyalah. Uang pendaftaran dan sejenisnya mending disumbangkan ke mana gitu. Bisa disumbangkan ke Gerakan Seribu Buku dengan cara membeli kaos. Itu baru namanya blogger yang peduli society P

Oh, berarti jualan kaos juga?
Kalau kaos muktamar lagi-lagi –insya allah– gratis *sedang diusahaken* Jadi, kalo ada yang udah nyiapin buat beli kaos muktamar, mending uangnya disumbangin ke mana gitu. Biar jadi blogger yang kaffah.

Kalo ada yang keukeuh mau bayar uang pendaftaran muktamar gimana?
Wah, kalo ada yang kaya gitu, nanti malah peserta muktamar yang bersangkutan akan dikasih hadiah. Siapin aja kredit kard dan pay pal *loh….*

Kok bikin acara serba gratisan gitu? Kaya acara abal-abal aja. Gak ngelit toh?
Lah, emangnya semua blogger udah punya benwit berlimpah semua sampe-sampe acara kemproh aja kudu bayar. Lagian, di mana-mana gratis itu enak loh. Apa enaknya bayar coba? Selama ada yang gratis, kenapa harus bayar? Bukan begitu? Lagian, ngelit itu gak sensitip di tengah krisis ekonomi global seperti sekarang *hallah, sok teu…*

Memangnya panitia Muktamar gak ngajak kerjsama Kedutaan Besar Irak atau Kedutaan Besar Suriah?
Wah, Irak sama Suriah itu masih ribet ngurusin negaranya sendiri. Kasian kan kalo diribetin? Mandi sendiri (baca: mandiri) itu lebih enak deh kayaknya P

Kalo ada yang mau ngasih sponsor gimana?
Ya, nggak apa-apa. Tapi kami gak pernah sampe jumpalitan nyari-nyari. Kalo ada yang berminat ngasih secara suka rela, yo mesti diterima. Pasti akan disalurkan untuk GERAKAN SERIBU BUKU dan WEDHUS FOR BANGSARI.

Jadi, acara Muktamar itu gak ada yang serius ya? Katanya ada penutupan resmi dan kaffah GERAKAN SERIBU BUKU dan WEDHUS FOR BANGSARI?
BHI belum merasa pernah melakukan hal yang sangat berarti. GERAKAN SERIBU BUKU dan WEDHUS FOR BANGSARI itu ndak seberapa dibanding kerjaan Butet Manurung yang keluar masuk hutan untuk ngajari anak-anak baca tulis. Kami ini malu lah kalo kegiatan sesederhana itu aja dibangga-banggakan. Belum layaklah BHI mendaku sebagai pelopor komunitas blog yang berorientasi sosial, apalagi memasang spanduk sebagai komunitas yang peduli society. Yang lebih pantas diberi kehormatan itu ya para penyumbang dan donatur. Untuk itulah Muktamar ini diadakan. Gitu loch….

Kira-kira, peserta muktamar bisa ngasih usulan gak untuk program-program BHI selanjutnya?
Owh… itu bagus sekali, itu cerdas sekali. Dengan senang hati usulan akan ditampung dan didiskusikan. Tapi, di BHI itu ada satu rukun blogger yang berbunyi: Siapa yang usul, dialah yang jadi koordinator.

Kalo ada yang mau tanya-tanya soal muktamar, ke mana pertanyaan diajukan?
Panjenengan bisa bertanya di blog ini. Juga bisa bertanya kepada Saudara Zen (Manusia Amben), Saudara Pithek (Ketua GERAKAN SERIBU BUKU) dan kw. Sering-sering aja liat blog ini. Informasi aka diapdet terus. Tunggu kejutan-kejutan selanjutnya….

*posting ini diambil dari sini